SELAMAT DATANG DI FORUM KOMUNIKASI GERAKAN PRAMUKA KWARCAB INHIL

Inhil Juara Pertama LCCBN Tingat Provinsi Riau

Regu utusan Kodim Indragiri Hilir Keluar sebagai Juara Pertama Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN) Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan Selasa (19/10) di Makorem 031 Wirabima Pekanbaru dengan Jumlah Nilai 2300, disusul peringkat kedua regu Indragiri Hulu nilai 1200, sedangkan regu Kampar berada diposisi ketiga dengan nilai 980. Sementara regu utusan kodim Pekanbaru dan Bengkalis belum memperoleh kejuaran LCCBN untuk tahun ini.   Wakil Ketua Kwarda Bidang Binamuda Kak Ardi Basuki, menilai kegiatannya sangat positif, karena dalam kegiatan cerdas cermat tersebut juga dilaksanakan lomba keterampilan praktek, termasuk materi Kepramukaan.

Mengutip pengarahan Danrem 031 Wirabima Kol.inf,Zaedun, kegiatan Lomba Cerdas Cermat bela negara ini, merupakan bagian kecil dari bentuk partisipasi TNI ikut membina Generasi Muda.
Danrem menilai saat ini terjadi degradasi moral, cinta pada tanah air,dan bela negara. Bahkan dia mencontohkan melihat berita di media massa ada anak kelas dua SD ( usia 7 tahun) ikut mendemo kepala sekolah dengan menginjak-injak foto kepala sekolahnya.

" Ada apa dengan anak sekarang bisa beringas sekali, untuk itu melalui kegiatan ini, termasuk kegiatan kepramukaan, saya kira bisa mengurangi bahkan menghilangkan degradasi tersebut",kata Danrem

Sementara itu, Kak Afizal salah seorang Andalan Daerah didampingi kak Husniwati setelah kegiatan itu digelar, menjelaskan, Peserta Lomba cerdas Cermat itu diikuti siswa SMP lima regu utusan lima Kodim se-Riau, dengan materi pendidikan bela negara,sejarah nasional, geografi,muatan lokal,sistem pertahanan semesta, bela negara dan wawasan kebangsaan.Sedangkan Materi Keterampilan terdiri dari, baris berbaris, tata upacara bendera,Kepramukaan dan kepalangmerahan.

" khusus materi Kepramukaan dilombakan bidang Sandi,Semaphore, Morse dan tali-temali, rata-rata mereka dapat melakukannya, namun dari peserta kurang menguasai materi Semaphore",kata kak Afrizal.

Ditambahkannya, satu regu terdiri dari 10 orang siswa SMP yang merupakan regu pilihan dari masing-masing kodim di Riau. Daerah ini mempunyai 5 kodim.

" khusus untuk materi Kepramukaan, kami menanyakan sekaligus menyuruh peserta mempraktekkan Tekpram, misalnya semaphore, morse, sandi dan tali-temali", kata kak Afrizal bersama kak Husni melalui Telepon,Selasa (19/10).

Dikatakan,tujuan LCCBN ini untuk mnenumbuhkan pemahaman dan penghayatan wawasan kebangsaan serta bela negara bagi siswa setingkat SMP sekaligus mempraktekkan nilai-nilai bela negera dalam inplementasi kompetisi dan penghayatan nilai sportifitas.

"Kedepan, sebaiknya lomba seperti harus dilakukan setiap saat mulai dari tingkat gugusdepan, kwarran, kwarcab dampai ke tingkat Kwartir Daerah", tegas kak Afrizal dan kak Husniwati yang mereka berprofesi sehari-hari sebagai guru.

Sumber  : Kwarda Riau

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANYA